Jumat, 27 November 2015

Tugas_IBD Sistem Mata Pencaharian Suku Eskimo



SUKU ESKIMO


SEJARAH
         Eskimo atau bisa disebut Esquimaux adalah istilah yang biasa digunakan untuk orang-orang yang mendiami daerah kutub bumi,namun tidak termasuk Skandinavia dan sebagian besar Rusia,tetapi daerah paling timur Siberia termasuk dalam kutub.Terdapat dua kelompok besar Eskimo yaitu Inuit (di utara Alaska,Kanada dan Greenland) dan Yup'ik (di barat Alaska dan timur jauh Rusia).Suku Inuit berbicara dalam bahasa Inuktitut,sedangkan komunitas Eskimo barat Alaska,Yup'ik,berbicara dalam bahasa Yup'ik.Terdapat persamaan dialek antara keduanya,dan dialek Inuktitut dianggap merupakan bentuk dari dialek Yup'ik.

         Eskimo adalah kata Indian Amerika yang artinya "pemakan daging mentah".Eskimo dianggap lebih dekat dengan penduduk asli Asia utara.Orang-orang Eskimo awalnya berasal dari Asia melintas ke bagian utara Amerika (Alaska) melalui jembatan tanah (yang sekarang tidak ada lagi).Mereka tersebar di seluruh wilayah Arktik benua.Akhirnya mereka tersebar di empat Negara yaitu :
  • Amerika Serikat (Alaska)
  • Uni Soviet 
  • Canada
  • Greenland

       Orang Eskimo memiliki karakteristik yang sama,yaitu kulit cokelat muda,mata hitam,rambut hitam lurus dan wajah lebar dengan tulang pipi tinggi.Cuaca yang ekstrim dan air yang dingin membuat mereka memperoleh makanan yang melimpah seperti singa laut,salmon,paus dan kehidupan laut lainnya.Di darat karibu dan angsa menjadi makanan selama musim panas.Selama musim dingin mereka berburu beruang kutub,kelinci, dan rubah.Makanan favorit mereka adalah singa laut,karibu,hati walrus dan kulit ikan paus.

       Orang Eskimo umumnya hidup mengembara mengikut migrasi mereka.Umumnya mereka memiliki rumah musim panas dan musin dingin.Tenda yang terbuat dari kulit (cap atau karibu) digunakan untuk menyimpan makanan selama berbulan-bulan.Ketika musim dingin mereka membangun rumah berbentuk kubah sebagai tempat penampungan sementara saat bepergian atau berburu.Suku Eskimo juga memiliki kuburan,jasad-jasad orang eskimo kemungkinan selalu utuh karena tertutup oleh es yang bersuhu minus sehingga tidak ada bakteri yang hidup.

        Secara umum, keluarga eskimo akan terdiri dari suami dan istri. Anak-anak yang belum menikah, anak-anak eskimo dianggap harta dan jarang dihukum. Tidak pernah ada omelan atau tindakan kasar. itu tidak  berarti bahwa mereka manja.

         Peran manusia adalah untuk berburu makanan, mengendalikan kereta luncur anjing, mendayung perahu, dan membangun tempat penampungan.Tugas seorang istri yang paling  penting adalah untuk membuat pakaian keluarga, yang harus hangat dan anti-angin. dia juga harus menjaga anak-anak, memasak untuk keluarganga, dan kadang-kadang bahkan membantu suaminya dengan tugas-tugasnya.para pria dan wanita eskimo memperlakukan satu sama lain sebagai derajat yang sama, perempuan tidak dianggap “warga negara kelas dua”.suku  eskimo tidak memiliki undang-undang seperti itu, hanya aturan perilaku. yang paling penting dari aturan-aturan tersebut adalah:
  1. Setiap orang harus hidup damai dengan yang lain.
  2. Semua anggota harus saling membantu dalam perjuangan untuk hidup.

           Siapapun yang menolak untuk berburu atau melakukan pekerjaan bagian mereka itu hina, tetapi meskipun begitu, mereka akan diberikan kebutuhan hidup oleh orang lain.Sebuah perselisihan mungkin diselesaikan dengan berkelahi. Solusi yang lebih damai akan menjadi kontes di mana pihak lawan akan melemparkan penghinaan satu sama lain. yang  pertama marah akan kalah dalam kontes maupun perselisihan tersebut.Seseorang yang melakukan pembunuhan atau kejahatan lain yang serius mungkin dihukum, tetapi harus mendapat persetujuan dari para tetua kelompok.

 AGAMA DAN KEPERCAYAAN
           Eskimo percaya bahwa roh-roh dikendalikan angin, cuaca, matahari, air, dan bulan. mungkin yang paling penting dari roh-roh adalah dewi laut Sedna. Orang eskimo berpikir bahwa Sedna memerintah singa laut, paus, dan hewan laut lainnya. dia tinggal di dasar laut.orang eskimo juga percaya bahwa manusia maupun hewan punya jiwa yang hidup di dunia lain setelah kematian. 'Kematian seorang eskimo mengharuskan tubuh dibungkus dalamkulit hewan Dan  diletakkan di tundra &tanah beku sepanjang tahun tetapi sebagian thaws selama musim panas). ini dikelilingi oleh lingkaran batu. peralatan lainnya akan ditempatkan di samping tubuh bagi jiwa untuk digunakan dalam dunia berikutnya.

 TRADISI PEMAKAMAN
                Para eskimo percaya bahwa manusia maupun hewan punya jiwa yg hidup di dunia lain setelah kematian. Oleh karena itu tubuh seorang Eskimo yang mengalami kematian harus dibungkus dalam kulit hewan & diletakkan di tundra (tanah beku sepanjang tahun tetapi mencair selama musim panas) dan dikelilingi oleh lingkaran batu serta peralatan lainnya akan ditempatkan disamping tubuh bagi jiwa untuk digunakan dlm dunia berikutnya. Kemungkinan mayat-mayat masih utuh, karena tidak ada bakteria hidup di daerah bersuhu negative.

Makam Tempat Jenasah Suku Eskimo di kuburkan
     
     PAKAIAN SUKU ESKIMO
                 Pakaian orang Eskimo berbahan dasar dari kulit binatang. Gaya bervariasi dari daerah ke daerah, tetapi semua orang di semua daerah memakai kombinasi yang sama, yaitu jaket berkerudung, celana panjang, kaos kaki, sepatu boots, dan sarung tangan. Di musim dingin pakaian yang digunakan ada dua set. Lapisan dalam bagian bulu dibagian dalam (bersentuhan langsung dengan kulit) dan lapisan kedua bagian bulu dibagian luar. Udara antara dua lapisan membantu menjaga panas tubuh dan membiarkan keringat untuk menguap. Pada musim panas mereka hanya mengenakan satu lapis pakaian. 
Baju berbahan dasar dari kulit beruang dan hewan berburu lainnya
  • Jaket yang digunakan suku eskimo disebut atiqik.

  • Sepatu Boots mereka disebut kamiks, terbuat dari kulit anjing laut karena tahan lama, hangat, dan tidak membuat sakit ketika basah.
    Kamiks
 TEMPAT TINGGAL SUKU ESKIMO
                  Bangsa Eskimo yang hidup di lingkar atas kutub utara memiliki sebuah rumah unik yang bernama Igloo, di katakan unik karena seluruh bagian rumah terbuat dari es dan bentuknya setengah bundar ( Dome ) dan berpintu masuk berupa silinder. Seperti kebutuhan rumah manusia lainnya, orang orang eskimo juga memiliki alasan membuat Igloo untuk berlindung dari udara dingin, hewan buas (hewan buas kutub seperti beruang). Bangunan Igloo ini memiliki konstruksi yang kuat karena di buat dengan Es yang tak mudah meleleh dan mereka membuat Igloo waktu saat musim dingin akan datang jadi bisa dikatakan kalo rumah jenis ini merupakan rumah temporer yang hanya ada waktu musim dingin karena saat musim hangat (panas/summer) Igloo akan meleleh. Suhu di dalam rumah Iglo cukup hangat dan nyaman ditinggali dan tak terpengaruh suhu diluar yang bisa sampai -45 derajat celcius dan semua kegiatan dilakukan di dalam rumah tersebut.

     Igloo terdiri dari 3 jenis yang dibedakan menurut besar ruangan dan kegunaan:

 1. Igloo tipe kecil untuk tempat berlindung sementara (semalam atau dua malam) yang sering dibangun pemburu sewaktu berburu di padang atau lautan es.  
 2. Igloo semipermanen berukuran sedang untuk tempat tinggal keluarga. Di dalamnya hanya terdiri dari 1 ruangan yang bisa ditinggali bersama oleh 2 keluarga. Sejumlah igloo semipermanen di suatu daerah membentuk permukiman “desa orang Inuit”.
 3. Igloo berukuran besar yang dibuat untuk kesempatan khusus. Dibangun dari igloo berukuran lebih kecil yang dirombak agar menjadi lebih besar, tapi bisa juga merupakan bangunan baru. Di dalam igloo berukuran besar terdapat 5 ruangan dan dapat menampung sampai 20 orang. Igloo berukuran besar bisa juga dibangun dari beberapa igloo berukuran kecil yang dihubungkan dengan terowongan, sehingga hanya ada satu jalan masuk untuk beberapa igloo. Di dalam igloo berukuran besar bisa diadakan pesta bersama, dansa tradisional (musik Inuit dan Katajjaq).

Igloo


Bagian Iglo

 
Cara mendirikan igloo



Cara membangun Igloo


MATA PENCAHARIAN SUKU ESKIMO

            Mereka hidup atau mendapatkan makanan dengan cara berburu binatang, seperti beruang dan serigala. Selain itu, mereka juga mendapatkan sumber makanan dengan cara memancing ikan. Pada umumnya makanan tersebut dikonsumsi dalam keadaan mentah. Hal ini dikarenakan kondisi mereka yang tinggal di daerah kutub yang senantiasa beku sehingga cukup sulit untuk mengolah makanan. Makanan mentah memang tidak enak untuk dimakan. Tapi karena mereka jauh dari peradaban dan teknologi canggih, maka mereka memakannya mentah-mentah. Suku eskimo juga bercocok tanam tapi bukan di es melainkan di tanah, untuk diketahui bahwa kutub utara daratannya berupa tanah yang diselimuti es yang beberapa akan mencair dimusim panas berbeda dengan kutub selatan yang merupakan es yang mengapung. Selain bercocok tanam suku eskimo kebanyakan beternak domba dan memancing ikan.

            Suku Eskimo yang mendiami kutub utara memiliki teknik yang unik untuk memburu serigala sebagai santapan hariannya. Mereka menggunakan pisau yang sangat tajam, lalu merendamnya didalam darah hewan lain. Darah yang menyelimuti pisau itu dibiarkan membeku. Selanjutnya pisau yang sudah dilumuri darah beku tersebut, ditanam didataran tinggi tempat serigala sering bermain. Pisau itu sendiri ditanam dengan dengan posisi bagian ujung (mata pisau) mencuat keatas. Dengan trik seperti itu, seringkali serigala datang dan mengendus-endus bau darah yang menyelimuti pisau tersebut. Tentu saja, mata pisau yang tajam dengan sendirinya melukai lidah si serigala. Walaupun demikian udara yang dingin membuat sang serigala tidak merasa sakit, meski ia menjilati pisau yang tajam dan darahnya sendiri. Lama kelamaan serigala mati lemas, karena kehabisan darah.

Salah satunya Pergi Memancing


Hasil tangkapan ikan yang kemudian dibersihkan dan akan dikonsumsi dalam keadaan mentah
    MATA PENCAHARIAN SUKU ESKIMO SAAT INI
                Saat ini hidup suku Eskimo jauh berbeda. Sebagian besar orang tinggal di kota atau permukiman kecil. Mereka mengenakan pakaian modern, tinggal di rumah-rumah modern, dan makan makanan yang dibeli dari toko. Alih-alih kayak dan kereta anjing, mereka menggunakan perahu motor dan mobil salju. Banyak yang telah meninggalkan agama asli mereka dan masuk agama Kristen. Banyak orang Eskimo sekarang bekerja untuk upah, tetapi sejumlah besar menganggur dan membutuhkan bantuan pemerintah untuk hidup.
Tempat tinggal kebanyakan saat ini

Mereka juga mulai menggunakan motor salju



Dan mulai menggunakan Perahu Motor



DAFTAR PUSTAKA 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar