RANGKUMAN PASAR MONOPOLISTIK
(contoh produk dari pasar monopolistik)
A.Pengertian
Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik
adalah salah satu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang
menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang
dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk
lainnya.
B.Karakteristik
Pasar Monopolistik
1.Produk yang terdifferensiasi (Differensiasi
Produk)
Differensiasi produk adalah usaha untuk
membedakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan untuk memberikan daya tarik
baik langsung maupun tidak langsung kepada konsumen dibandingkan perusahaan
lain yang menghasilkan produk yang sama atau sejenis ataupun yang berbeda.
2. Jumlah perusahaan banyak dalam industri
Jumlah perusahaan dalam pasar
persaingan monopolistik banyak. Di Indonesia dapat dilihat begitu banyaknya
merek pakaian dan sepatu. Banyaknya perusahaan menyebabkan keputusan perusahaan
tentang harga dan output tidak perlu harus memperhitungkan reaksi perusahaan
lain, karena setiap perusahaan menghadapi kurva permintaannya masing-masing.
3. Mudah masuk dan keluar
Laba super normal yang dinikmati perusahaan
mengundang perusahaan pendatang untuk memasuki indsutri. Jika mereka mampu
bertahan, dalam jangka panjang dapat mengalahkan perusahaan yang lain. Tetapi
jika kalah mereka harus keluar, agar kerugian tidak menjadi lebih besar. Sama
halnya dengan pasar persaingan sempurna, dalam pasar persaingan monopolistik
proses masuk keluar akan terhenti bila semua perusahaan hanya memperoleh laba
normal.
C.Ciri-ciri
Pasar Monopolistik
1. Terdapat banyak penjual di pasar.
Meskipun demikian, pasar ini tidak
memiliki produsen atau penjual sebanyak pasar persaingan sempurna dan tidak ada
satu pun produsen yang mempunyai skala produksi yang lebih besar dari produsen
lainnya.
2. Barang yang diproduksi dan diperjualbelikan
berbeda corak (ukuran, mutu, dan satuan harga)
Apabila kita lihat secara fisik suatu
produk , akan tanpak jelas perbedaan tersebut. Maka kita dapat membedakan
mana produk suatu perusahaan dengan product perusahaan yang lainnya.
Di samping perbedaan dalam bentuk fisik , juga terdapat perbedaan dalam bentuk
bungkus atau pembungkusan product, dan ada pula yang berbeda dalam cara
membayar barang yang akan di beli. Akibat dari berbagai macam perbedaan ini ,
barang yang di produksi oleh perusahaan pasar monopolistis ini tidak bersifat barang pengganti
sempurna akan tetapi ia bersifat barang pengganti yang dekat.
3. Perusahaan tidak memiliki kekuatan
penuh untuk mempengaruhi harga dan menentukan harga
4. Keluar masuk dalam pasar sangat mudah
5. Kegiatan promosi merupakan salah satu
penentu keberhasilan perusahaan.
D. Faktor-faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Pasar Monopolistik
D. Faktor-faktor Yang Menyebabkan Terjadinya Pasar Monopolistik
Faktor-faktor yang
menyebabkan terjadinya pasar monopolistik adalah sebagai berikut :
1) Ketidakpuasan
terhadap daya analisis model persaingan sempurna maupun monopoli
2) Sumber daya
alam yang melimpah menyebabkan produsen memproduksi barang serupa tetapi memiliki keunggulan yang berbeda.
3) Differensiasi
produk yang tidak terlalu besar mendorong perusahaan untuk melakukan persaingan
non harga.
E.
Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopolistik
Kelebihan pasar
monopolistik:
1. Banyaknya produsen
di pasar memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang
terbaik baginya.
2. Kebebasan keluar
masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi dalam
menghasilkan produknya.
3. Diferensiasi
produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yang akan
dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
4. Pasar ini
relatif mudah dijumpai oleh konsumen, karena sebagian besar kebutuhan
sehari-hari tersedia dalam pasar monopolistik.
Kekurangan
pasar monopolistik:
1. Pasar
monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi, baik dari segi harga,
kualitas maupun pelayanan. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan
pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar.
2. Dibutuhkan modal
yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena pemain pasar
di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
3. Pasar ini mendorong
produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi
yang akan berimbas pada harga produk yang harus dibayar oleh konsumen.
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar