Sabtu, 10 Oktober 2015

Tulisan_2SS_Pengantar Bisnis


 Cara Mengembangkan Perilaku Sopan santun dalam Masyarakat 


Sanya Putri Ramadhanti
 NPM: 26215383
    


Di Jaman modern saat ini sopan santun hampir sulit di temukan.banyak anak muda jaman sekarang mengesampingkan sopan santunnya dengan rasa gengsi dan berat sekali bagi mereka untuk melakukan sopan santun.

Pengertian Sopan santun sendiri  ialah suatu tingkah laku yang amat populis dan nilai yang natural. Sopan santun sebagai sebuah konsep nilai tetapi bukan dipahami. Sopan santun sebuah ideologi yang memerlukan konseptualisasi. Sopan santun juga dapat diartikan sebagai  suatu sikap atau tingkah laku yang ramah terhadap orang lain, sopan santun juga dapat di pandang oleh suatu masyarakat mungkin sebaliknya masyarakat juga dapat di pandang oleh masyarakat lain. Itulah pengertian umum dari sopan santun. Sikap sopan santun yang benar ialah lebih menonjolkan pribadi yang baik dan menghormati siapa saja. Dari tutur bicara pun orang bisa melihat kesopanan kita. Baik/buruk, misalnya lagi dalam situasi yang ramai dimana kita akan melewati jalan itu, jika kita sopan pasti kita akan mengucapkan kata permisi pak, bu…..dalam berteman pun seperti itu lebih menghargai pendapat teman walaupun pendapat itu berbeda.

Sopan santun dapat dipengaruhi oleh apapun dan hal apa saja. Misalnya sopan santun yang buruk disebabkan oleh lingkungan yang tidak ada tata tertibnya, individu yang tak pernah mengenal pentingnya kepribadian, kurangnya pengenal sopan santun yang diajarkan oleh orang tua sejak dini, pembawaan diri individu itu sendiri. Kemudian sopan santun yang baik dapat dipengaruhi oleh latar belakang individu itu sendiri. Pendidikan yang cukup, pembawaan diri yang baik terhadap situasi apapun, tutur kata yang dijaga, terkadang  factor  gen juga dapat mempengaruhi individu tersebut.

Sopan santun bisa dilakukan dimana saja dan kapan pun itu. Seperti didalam kelas dalam situasi dosen sedang menjelaskan materi lalu kita harus memperhatikan seseorang yang ada didepan kita. Dengan menunjukan sikap yang memperhatikan, mendengarkan dengan baik, dan bila bertanya pun harus dengan yang baik.Atau ketika kita sedang berjalan di sebuah tempat dan akan melewati orang banayak kita ucapkan permisi,saat ingin memasuki ruang kelas yang sudah ada pengajarnya kita ketuk pintu tan mengucapkan permisi/maaf telat. 

Jadi Penegakkan sopan santun atau rasa hormat pada orang lain  dalam lingkungan masyarakat pada umumnya memang tidak semudah yang dibayangkan. Upaya yang dapat dilakukan adalah:

  1. Adanya bimbingan dan pengajaran dari orang tua karena orangtua adalah tempat pertama seorang individu untuk belajar dan mengetahui segala hal yang baru.
  2. Pengenalan lanjutan yang diberikan oleh pendidik seperti guru,dosen,guru ngaji tentang pentingnya sopan santun dalam masyarakat.
  3. Adanya penerapan/Pengaplikasian semua yang telah diajarkan.
  4. Menanamkan sosok yang rendah hati dan mau menerima .
  5. Adanya kesadaran dari dalam hati setiap individu.
  6. Pembiyasaa,n agar sopan santun menjadi hal yang tidak tabu atau aneh untuk dilakukan.             
 Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Norma_sopan_santun
                https://www.google.co.id/#q=sopan+santun+adalah
                https://www.google.co.id/#q=contoh+sopan+santun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar