Jumat, 30 Oktober 2015

Tugas_3SS_Pengantar Bisnis (B)

Pembauran Dalam Pemasaran
“Graha Ara Home Stay Surabaya”

         Dalam komunikasi pemasaran diperlukan suatu pendekatan yang mudah dan fleksibel yang terdapat pada bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran adalah strategi produk, promosi, dan penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pasar yang dituju. Namun kini hal tersebut semakin berkembang tidak hanya dalam hal product, promotion, dan price. Namun juga mengenai place, people, process, dan physical evidence.

         Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dan ada pula strategi-strategi komunikasi pemasaran tertentu, seperti strategi segmenting, targeting, pricing,dan positioning, dalam bauran pemasaran. Semua itu kembali pada kondisi perusahaan jasa yang melaksanakannya. Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.

         Disini saya akan memaparkan pembaruan pemasaran dari “Graha Ara Home Stay Surabaya”karena saya pernah bermalam di homestay tersebut.Berikut Pembauran Pemasaran dari “Graha Ara Home Stay Surabaya”:
  • Produk(Product)   
    Graha Ara Home Stay menawarkan kamar-kamar yang beraneka ragam(bervariasi) mulai dari yang standar hingga yang berfasilitas lebih untuk menarik masyarakat yang membutuhkan penginapan agar menginap di Home stay tersebut.dan karena Graha Ara adalah sejenis home stay maka tampilan dan kondisi kamarnya sangat mirip dengan suasana di rumah dan lebih kea rah simple dan sederhana namun tidak kalah nyaman dengan penginapan yang sejenis hotel mewah.
                                                                                                                  
  • Harga(Price)
    Penetapan harga merupakan suatu hal penting . perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.  Graha Ara Home Stay  memberikan harga kamar yang sangat terjangkau oleh masyarakat.harga yang diberikan mulai dari Rp 165.000 – Rp 3.200.000 (executive).
  • Tempat(Place)
    Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumennya.untuk poin tempat ini Graha Ara Home Stay memiliki lokasi yang cukup strategis karena tidak jauh dari jalan raya utama dan dekat dengan beberapa tempat wisata dan took oleh-oleh khas Surabaya yang cukup popular.tidak hanya itu lokasinya yang sangat dekat dengan Universitas Airlangga jadi sangat membantu dan cocok sekali untuk para mahasiswa yang membutuhkan tempat tinggal.Dan menurut survei secara langsung setiap acara wisuda,penginapan ini ramai disinggahi oleh keluarga dari mahasiswa perguruan tinggi tersebut. 
  • Promosi(Promotion)Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian.dengan Konsep Promosi,Graha Ara Homestay ini sering mengadakan diskon-diskon di waktu tertentu,kemudian karena lokasi penginapan yang dekat dengan perguruan tinggi maka mereka menawarkan paket murah untuk satu bulan dengan harga Rp 1.500.000 dengan suasana layaknya hotel karena sudah mendapatkan service yang lebih yaitu breakfast,dinner,dan pembersihan kamar untuk setiap harinya,adanya meja belajar,dapur,dan free wifi.penginapan ini juga menyediakan jemputan dengan berbagai jenis kendaraan mulai dari beca hingga taxi.dan suasana di penginapan ini sangat nyaman.di penginapan ini untuk penjagaannya 24 jam dan terdapat musholah,dan parkiran yang cukup luas.
  • Orang(People)
    People merupakan aset utama dalam industri.untuk poin ini karyawan/staff pekerja di Graha Ara Home Stay ini tidak diragukan lagi .mereka sangat ramah dan sikapnya baik sehingga timbul rasa kekeluargaan dan rasa dihargai.mereka juga terlihat sangat baik dalam melakukan bagian pekerjaan mereka sehingga dapat dipercaya oleh pihak atasan yaitu pemilik penginapan tersebut dan menguntungkan pihak penginapan.terlebih lagi mereka rata-rata sudah bekerja sejak penginapan tersebut baru didirikan. 
  • Proses(Process)
    karyawannya juga diberikan skill yang dapat mengikuti prosedur dan sistem yang merupakan standarnya seperti memberikan pelayanan servis disertai dengan senyum untuk menyambut para tamu.proses yang terus berlangsung ini akan menjamin mutu layanan sehingga mendapat penilaian yang semakin baik oleh pengunjung.contoh lainnya
  • Bukti Fisik(Physical Evidence)
    Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalam perusahaan yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana yang nyaman terlebih karena ini adalah sebuah penginapan yang dimana kebersihan dan kenyamanan adalah hal yang harus diunggulkan.dengan memperhatikan ambience ini dapat memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat memberikan nilai tambah bagi pengunjung.lobby yang disediakan oleh penginapan ini cukup nyaman.dan tempat yang cukup asri dan bersih.


    (Tampilan Gedung )

     (Recepcionist)

    (Pintu Masuk)

     (Kamar)

    (Sebagian Tempat Parkir)


    (Halaman)
     

    Sumber:
    http://grha-ara.blogspot.co.id/2010/02/harga-home-stay-grha-ara.html 
    http://hoteldiskon.net/hotel/Graha+Ara+Homestay
    http://ekobarliata.blogspot.co.id/2012/11/analisis-konsep-7p-dari-bank-bca.html
    https://www.google.co.id/#q=contoh+7p+dalam+pembauran+pemasaran
    https://www.google.co.id/#q=7p+dalam+pembauran+pemasaran





Tidak ada komentar:

Posting Komentar