Minggu, 25 Oktober 2015

Tulisan_3SS_Pengantar Bisnis



Berkomunikasi Yang baik


 

          Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.

          Kemampuan untuk berkomunikasi secara baik sangat penting dalam hubungan, pendidikan, dan pekerjaan. Untuk membangun komunikasi yang baik, setidaknya kita harus menguasai empat keterampilan dasar dalam komunikasi, yaitumembaca-menulis (bahasa tulisan) dan mendengar-berbicara (bahasa lisan). Komunikasi yang baik tejadi apabila sesuatu (pesan) yang diberitahukan komunikator dapat diterima dengan baik atau sama oleh komunikan, sehingga tidak terjadi salah persepsi .Kita juga harus pandai melihat kondisi disaat kita akan berkomunikasi dengan lawan bicara kita dan menempatkan  Bahasa dengan baik.di bawah ini terdapat beberapa cara agar kita memiliki komunikasi yang baik:
  • Menggunakan tata bahasa yang tepat.
  • Gunakan etika sopan santun
  • Milikilah rasa percaya diri saat berbicara, tak perlu risau dengan pendapat orang lain.
  • Gunakan volume suara yang sesuai dengan situasi percakapan.
  •  Jangan memotong pembicaraan orang lain atau ikut berbicara saat orang lain bicara. Tindakan itu akan merusak suasana percakapan. Pemilihan waktu adalah sesuatu yang penting.
  •  Pembicara yang baik adalah pendengar yang baik.
  • Reaksi dari lawan bicara dapat memastikan Anda mengerti apa yang sedang dibicarakan.
  • Cobalah untuk berbicara dengan fasih dan pastikan orang lain bisa mendengar Anda ketika berbicara.
     
          Jenis-jenis komunikasi ada dua yaitu formal dan informal. Komunikasi formal adalah suatu proses komunikasi yang bersifat resmi dan biasanya dilakukan di dalam lembaga formal melalui garis perintah atau sifatnya instruktif , berdasarkan struktur organisasi oleh pelaku yang berkomunikasi sebagai petugas organisasi dengan status masing - masing yang tujuannya menyampaikan pesan yang terkait dengan kepentingan dinas . Suatu komunikasi juga dapat dikatakan formal ketika komunikasi antara dua orang atau lebih yang ada pada suatu organisasi dilakukan berdasarkan prinsip - prinsip dan struktur organisasi .Sedangkan  Komunikasi informal adalah komunikasi antara orang yang ada dalam suatu organisasi , akan tetapi tidak direncanakan atau tidak ditentukan dalam struktur organisasi (tidak resmi) . Fungsi komunikasi informal adalah untuk memelihara hubungan sosial persahabatan kelompok informal , penyebaran informasi yang bersifat pribadi dan privat seperti isu , gossip , atau rumor.
     
          Contoh berkomunikasi formal yaitu saat kita melakukan presentasi.sebagian besar orang saat presentasi mengabaikan sikap atau cara-cara dalam berkomunikasi.apalagi gaya Bahasa saat ini sudah semakin “gaul” yang menyebabkan Bahasa tersebut melekat pada diri kita sehinga sulit bagi kita untuk kembali menggunakan Bahasa asli yang baku.berikut beberapa tips agar kita memiliki komunikasi yg baik dalam melakukan presentasi:
  • Gunakan kalimat yang baku dan sopan
  • Jangan sering bergumam
  • Focus berbicara tentang materi yang di presentasikan
  • Berbicara dengan jelas dan perlahan
          Jadi jika saya tarik kesimpulannya Berkomunikasi yang baik adalah yang dapat mencapai tujuannya dengan kondisi yang disesuaikan.misalnya ketika presentasi kita harus menggunakan bahasa yang baku dan sopan karena kondisinya adalah formal dan juga harus berbicara yang jelas agar tujuan yang di tuju tercapai yaitu  semua pendengar paham apa yang ingin kita sampaikan.begitu juga sebaliknya dengan situasi informal.

Sumber:
https://www.google.co.id/#q=pengertian+komunikasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
http://www.artikelsiana.com/2015/02/pengertian-komunikasi-tujuan-fungsi-manfaatnya.html
http://afmalovelydiamond.blogspot.co.id/2012/11/seminar-9-hubungan-internal-komunikasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar