Rabu, 14 Oktober 2015

Tugas_2SS_Pengantar Bisnis


Analisis Perkembangan Convenience Store di Indonesia
"Circle K"

Pengertian dari convenience store ini dijelaskan oleh NACS – The Association For Convenience and Fuel Retailing, yaitu sebuah bisnis yang mengandalkan ruang public terbuka dan dengan cepat melayani dan menjual produk favorit para konsumen, produk ini di dominasi oleh makanan, minuman bahkan bensin dan jasa pelayanan. Bisnis ini hamper mirip dengan bisnis retail namun kenyataannya berbed dengan bisnis retail,karena bisnis convenience store ini  biasanya dilengkapi dengan tempat duduk,WI-FI untuk pelanggan sehingga pelanggan dapat menikmati makanan secara langsung di tempat tersebut dengan rasa nyaman. Dan perkembangan convenience store di Indonesia saat ini sangatlah pesat karena banyak orang yang memilih hidup praktis.

Salah satu contoh convenience store yang akan saya ulas adalah Circle K. Circle K sendiri berasal dari Kanada dan pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1986 di kota Jakarta, tepatnya di Jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan. Circle K lalu merambah keluar Jakarta dengan membuka store luar Jakarta pertamanya di Bali pada tahun 1996. Circle K Yogyakarta menyusul pada tahun 2000, Circle K Bandung juga menyusul tahun 2001. Saat ini Circle K memiliki gerai di hampir setiap kota besar di seluruh Indonesia dan mempekerjakan lebih kurang 700 tenaga kerja di Indonesia, Circle K memiliki jaringan di Jakarta (23 gerai), Bandung (7 gerai), Yogyakarta (38 gerai), and Bali (42 gerai). Biasanya Circle K berlokasi di dekat jalan raya,perkantoran,den wilaya/lokasi pendidikan sehingga pelanggan mudah untuk mengaksesnya. Circle K  sering kali menyediakan berbagai macam promo untuk menarik pelanggannya.contohnya saja buy one get one,Paket Hemat super Komplit dan diskon untuk hari hari tertentu.Circle K juga memiliki menu sendiri seperti kopi,roti,nasi gurih,bolu,brownies,dll.

Jadi menurut pengamatan saya Circle K adalah salah satu convencience store yang sangat besar dan terkenal karena keberadaannya yang sangat banyak dan menyebar luas.Tempatnyapun sangat nyaman dan menarik banyak pelanggan khususnya para anak muda yang sering menjadikan circle K menjadi tempat berkumpul bersama rekan sebayanya mengingat makanannya yang ditawarkan ini murah meriah sehingga pas untuk kantong anak muda.
 



Sumber

https://id.wikipedia.org/wiki/Circle_K
https://www.google.co.id/#q=circle+k



Tidak ada komentar:

Posting Komentar